Summoners Spell adalah salah satu hal yang sangat wajib dibawa oleh pemain saat bermain League of Legends. Setiap champion tergantung pada peran mereka pastinya memiliki Summoners Spell yang disesuaikan dengan permainannya nanti. Semisal Jungler yang pasti membawa Smite dikarenakan akan membantunya dalam melakukan clear camp jungle.
Dan tentu kita semua juga tahu bahwa terdapat dua Summoners Spell yang wajib dibawa oleh para AD Carry beserta support mereka. Adalah Heal dan Flash untuk AD Carry, serta Exhaust atau Ignite atau Flash untuk support. Bisa dibilang ini sudah menjadi Summoners Spell paling wajib untuk duo di bot lane tersebut. Tapi tahukah kamu bahwa banyak pemain High Elo sudah melupakan kedua spell tersebut dan beralih ke spell lain?
Sekarang mulai ada banyak pemain High Elo yang menggunakan Barrier dan Flash untuk AD Carry, serta Heal dan Flash untuk sang support. Pastinya hal ini terdengar aneh untuk sebagian kamu dan mungkin ini ide yang sedikit melenceng untuk dicoba. Tetapi kenyatataannya, ide melencing ini sudah dilakukan di kancah kompetitif seperti LCK ataupun LCS.
Jika kamu ingin ikut mencobanya untuk tidak lagi membawa Heal, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak terlihat seperti orang bodoh dan malah menjadi beban untuk tim kamu.
- Komunikasi dengan support
Saya tidak begitu menyarankan untuk mencoba ini bila kamu bermain solo di rank dikarenakan mungkin saja kamu dan support kamu malah tidak sinergi. Cobalah dengan teman bermain duo atau tim agar mereka bisa mengerti taktiknya nanti.
- Cocok untuk hyper carry
Ini cocok dengan hyper carry seperti Jinx misalnya. Karena hyper carry cenderung lebih bermain aman pada awal game menunggu item corenya jadi. Dengan Barrier dan Flash, sekarang kita punya dua spell yang akan melindungi kita.
- Cocok dengan defensive support
Seperti yang saya katakan tadi, pengambilan dua spell ini memang bertujuan dalam bermain aman pada awal game bukan agresif. Defensive support seperti Janna akan dapat melindungi lebih baik sang AD Carry dari musuh.
- Bagus untuk melawan meta tank kali ini
Semenjak terkena nerf, Exhaust sudah tidak lagi mengurangi attack speed dan resisten target. Bisa dibilang Exhaust menjadi kurang berguna untuk meta tank saat ini. Apabila musuh yang kamu lawan nantinya kebanyakan mengandalkan damage di sana lah Exhaust kembali berguna.
Kembali ke topik utama yang kita akan bahas, alasan kenapa banyak pemain di High Elo mengambil Barrier dan Flash untuk AD Carry, serta Heal dan Flash untuk sang support.
Adanya mastery Winspeaker’s pada support akan menambah jumlah heal yang didapat dari spell Heal sebanyak 10%. Dikarenakan AD Carry juga tidak mungkin menggunakan mastery ini dan akan menggunakan mastery lain, maka dari itu Heal akan sangat sinergi bila digunakan pada support.
Barrier juga lebih baik menyerap damage ketimbang di saat AD Carry memakai heal. Barrier akan meyerap berbagai macam damage yang masuk dan membuat AD Carry lebih aman. Sedangkan Heal hanya menambah menambah health tanpa memberi perlindungan apapun. Berikut di bawah ini deskripsi fungsi dari kedua spell, Heal dan Barrier.
Menyembuhkan 90-345 Health untuk champion kamu dan rekan satu tim di area sekitar.
Melindungi champion kamu dari 115-455 damage selama dua detik.
Heal mempunyai kelebihan dimana kamu juga akan memberi heal kepada rekan terdekat. Tetapi, dengan sudah adanya Heal pada Defensive Support seperti yang saya jelaskan di atas, maka kamu akan mendapat efek lebih dari heal tersebut.
Penggunaan Barrier juga sangat menguntungkan dimana kebanyakan support sekarang membawa Ignite. Dikarenakan Ignite akan mengurangi efek heal, jadi spell Heal pada AD Carry jadi kurang menguntungkan. Sementara Barrier akan meyerap semua damage yang datang dan membuat AD Carry lebih aman.
Jadi itulah alasan kenapa AD Carry tidak lagi membawa heal sekarang, apa kamu mempunyai pendapat lain?
Comments
Post a Comment